Minggu, 01 Mei 2016

MAXIMUM LIFE WITH PLANNING

Resensi Buku : MAXIMUM LIFE WITH PLANNING

(http://images.slideplayer.info)

Dalam kehidupan kita perencanaan (planning) merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mencapai hidup yang maksimal. Persiapan adalah hal penting dalam proses kehidupan, sebab dalam persiapan kita dituntut menjadi seorang yang rajin, tekun dan tegar bahkan kuat menghadapi kesulitan-kesulitan yang ditemui. Jadi intinya kalau kita gagal untuk mempersiapkan maka kita sedang mempersiapkan untuk gagal, oleh karena itu persiapkanlah diri anda dimulai dari hal-hal sederhana. Berbicara mengenai perencanaan, kita juga akan berbicara mengenai waktu. Ada tiga cara orang dunia memandang waktu yaitu, (a) waktu itu melingkar, artinya suatu saat manusia pasti mati dan kemudian reinkarnasi, (b) waktu adalah uang, artinya waktu sangat berharga dilatar belakangi  jiwa materilisme, dan (c) waktu adalah kesempatan,  artinya setiap kesempatan harus dikejar untuk memperoleh sesuatu. Berbeda dengan persepsi Kristen yaitu waktu yang kita punya terbatas. Oleh karena itu seharusnya dalam melakukan sesuatu kita harus memandang  waktu sebagai suatu aset yang berguna  bagi perencanaan, selalu menetapkan sasaran yang akan dicapai, melihat posisi dasar sebagai patokan, melihat factor-faktor internal dan eksternal, serta menyusun strategi untuk mencapai sasaran dengan waktu terbatas.
            Untuk mencapai hidup yang maksimal kita dapat belajar dari Alkitab tentang penciptaan yaitu sebelum menciptakan manusia Allah terlebih dahulu menciptakan  langit dan bumi dengan segala isinya. Ini memberitahu kita bahwa Allah adalah perencana jenius dan kreatif. Beberapa hal yang dapat kita pelajari dari proses penciptaan ini yaitu : Dalam hidup miliki tujuan agar pengerjaannya teratur, punyai jadwal agar hasil yang didapat maksimal, lakukan persiapan ganda, persiapan regenerasi, libatkan estetika, jadilah kreatif, ambil waktu untuk istirahat, minta Allah memberkati,sertai pekerjaan kita, cari penolong, dan bekerja dengan kesungguhan hati. Dalam kehidupan kita harus bekerja dengan sungguh-sungguh. Pertama-tama kita harus melihat keadaan kita, apa yang sudah kita capai dan apalagi yang harus kita capai bersama Tuhan. Miliki visi untuk diri kita untuk masa depan kita, masa depan keluarga kita, masa depan pelayanan kita dan segala hal yang akan kita  capai di dalam Tuhan. Hal ini dimulai dari bakat apa yang kita punya, kemampuan apa yang kita punya dan karunia apa yang kita punya.
            Hal lain untuk mencapai hidup yang maksimal adalah membuat perencanaan di dalam perencanaan dan melakukan perencanaan itu dengan kemauan bekerja keras, tidak pernah menyerah dan bekerja dengan optimal. Hal lain agar maksimal yaitu jadilah orang yang cepat dalam beberapa area dalam hidup dan sebelum melangkah persiapkanlah hal-hal yang mendukung keoptimalan pekerjaan dengan keinginan yang kuat. Buku ini sangat membantu setiap orang yang punya motivasi untuk mengembangkan hidupnya secara optimal, beberapa contoh sederhana yang disajikan akan sangat menolong setiap pribadi yang mau mencoba memaksimalkan kehidupannya melalui perencaan-perencanaan yang sederhana dan matang. Memaksimalkan hidup juga dituntut oleh Tuhan dalam menjalani kehidupan pelayanan kita, dalam buku ini kita mungkin dapat mencontohi hal-hal sederhana yang diceritakan agar hidup rohani kita menjadi maksimal dalam Tuhan.

Referensi :
JUDUL                 : MAXIMUM LIFE WITH PLANNING

PENULIS             : ANTON SISWANTO

PENERJEMAH   :  -
PENERBIT          :  Pionir Jaya
CETAKAN           : ke-1
TEBAL                 : 180  Halaman
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar